Situs – Situs Tidak Butuh Musik

10Oct06

Ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk meyakinkan seseorang bahwa memasukkan musik ke sebuah site adalah ide yang sangat buruk. Memang ada beberapa pengecualian seperti website untuk sebuah band atau site yang memangsangat berhubungan dengan multimedia. Tetapi untuk sebuah situs yang penuh dengan informasi, hampir seluruh pengunjungnya tidak mengharapkan atau menginginkan adanya multimedia. Jika suatu saat anda mendapatkan seorang klien yang meminta dipasangkan musik supaya situs mereka terlihat keren, gunakan argumen di bawah ini untuk meyakinkan mereka:

1. Sangat Mengganggu:
Memasang musik pada situs dapat mengganggu apapun yang sedang dipasang si pengunjung melalui speaker. Sebagian besar orang selalu menggunakan komputer mereka sebagai stasiun media yang memutar musik dan video. Mereka akan sangat terkejut ketika masuk ke situs yang memiliki musik karena apapun yang keluar dari speaker mereka akan menjadi kacau, terutama jika mereka sedang memasang volumenya dengan cukup keras. Pengunjung mengharapkan halaman web yang informatif bukan yang bermusik.

2. Ketika pengunjung mengklik maka musiknya akan terpotong:
Musik atau lagu yang dipasang akan terpotong setiap kali pengunjung mengklik dari satu halaman ke halaman lain.

3. Tidak semua browser dan OS mendukung multimedia:
Masih banyak orang yang menggunakan browser-browser lama yang tidak mendukung multimedia atau bahkan bermasalah ketika mereka mencoba menjalankan multimedia tersebut. Ini adalah alasan bagus yang akan sulit ditolak oleh klien dan cobalah membuat mereka merasa lebih khawatir dengan pertanyaan ini: “Jika anda harus memilih antara beberapa pengunjung dapat mendengarkan musik sementara yang lainnya mengalami crash pada browser mereka atau semua orang dapat menikmati situs anda dengan tenang dan tanpa masalah sama sekali, manakah yang anda pilih?”

4. Musik akan memperlambat situs:
Memasang musik akan menurunkan performa situs, terutama pada CPU-CPU yang masih lambat. Ini akan menyiksa pengunjung ketika sedang melihat situs tersebut dan mereka tidak akan mau mengunjunginya kembali.

5. Kuno dan tidak professional:
Pada pertengahan tahun 90an ketika web pertama kali populer, memasang musik pada situs memang keren tetapi sekarang telah dianggap kuno dan terlihat amatiran.

6. Tidak semua orang menyukai musik yang anda pasang:
Apa yang dianggap seseorang enak dan nyaman untuk didengar bisa dianggap berisik dan mengganggu oleh orang lain.

7. Tanyakan kepada klien apakah mereka menggunakan Friendster atau MySpace:
Jika ya, apakah mereka pernah masuk ke halaman profil seseorang di MySpace atau Friendster dan mendengar sebuah kebisingan atau lagu aneh yang mereka sebut musik dan anda dengan paniknya mencari tombol stop untuk menghentikannya? Dengan contoh ini mungkin klien dapat langsung mengerti perasaan orang yang akan mengunjugi situs mereka jika mereka tetap bersikeras ingin menggunakan musik.

8. Memakan Bandwidth:
Walaupun hal ini jarang sekali terjadi, tetapi jika situs tersebut memiliki lalu lintas web yang cukup tinggi maka dengan menggunakan musik akan ada kemungkinan melebihi batas lalu lintas yang ditentukan sehingga klien akan harus membayar kelebihan batas tersebut.

9. Tentunya ada alasan mengapa situs lainnya tidak menggunakan musik:
Banyak klien yang berpikir bahwa karena jarang sekali terdapat web yang menggunakan musik, maka situs mereka akan terlihat menonjol dengan musik sebagai latar belakangnya. Katakan pada mereka bahwa hal ini sangatlah salah! Alasan sebenarnya kenapa hampir tidak ada situs yang menggunakan musik adalah karena mereka mempertimbangkan alasan-alasan di atas dan memutuskan bahwa memasang musik memang adalah ide yang sangat buruk.



No Responses Yet to “Situs – Situs Tidak Butuh Musik”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: