Google Beli Garasi Kelahirannya

10Oct06

Pemimpin jasa pencarian internet Google menambahkan sebuah monumen baru untuk kerajaannya yang berkembang pesat. Google membeli rumah di mana kedua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin pertama kali menyewa sebuah garasi sebagai markas Google yang pertama.

Salah satu perusahaan internet terbesar dunia ini membeli sebuah rumah sebesar 1.900 kaki persegi di Menlo Park dari salah seorang karyawannya sendiri. Susan Wojcicki delapan tahun lalu setuju untuk menyewakan garasi rumahnya kepada kedua pendiri Google dengan harga $1.700 per bulan karena ia menginginkan bantuan untuk membayar biaya sewa rumahnya.

Wojcicki yang kini menjabat sebagai wakil presiden divisi manajemen produk Google belum bekerja untuk Google delapan tahun yang lalu dan saat itu Google baru saja mendapatkan dana sebesar $1 juta dari berbagai investor. Hari ini Google memiliki kas sebesar $10 milyar dan dinilai sebesar $125 milyar.

Pertumbuhan pesat yang dialami Google dalam delapan tahun terakhir telah memberikan reputasi yang sama seperti garasi tempat kelahiran Hewlett-Packard di tahun 1938 ataupun garasi di mana Steve Jobs dan mitranya Steve Qozniak pertama kali membuat komputer Apple di tahun 1970.

HP membayar $1.7 juta untuk garasi berukuran 12×8 kaki yang disewa pendiri HP William Hewlett dengan harga $45 per bulan.

Google menolak untuk memberi tahu berapa dana yang dikeluarkan untuk membeli rumah pertamanya, tetapi rumah yang berukuran mirip di lokasi sekitar dijual dengan harga $1,1 juta hingga $1,3 juta, jumlah yang kecil apabila dibandingkan dengan $319 juta yang dikeluarkan Google tahun ini untuk markas barunya.

Walaupun garasi Google masih belum dianggap sebagai salah satu bangunan bersejarah, bangunan itu sudah menjadi salah satu atraksi turis yang populer. Jumlah turis yang banyak telah menjadi salah satu gangguan sehingga Google menghimbau pers untuk tidak menuliskan lokasi tersebut, walaupun alamat lengkapnya dapat dicari dengan mudah dengan menggunakan search engine dari perusahaan itu sendiri.

Google berencana untuk menggunakan rumah itu sebagai rumah tamu, walaupun masih belum pasti. Juru bicara Google Jon Murchinson mengatakan bahwa Google berniat untuk melestarikan bangunan itu sebagai bagian dari sejarah perusahaan.



One Response to “Google Beli Garasi Kelahirannya”

  1. pada awal larry page dan sergey brin ngantor disitu mereka harus masuk lewat pintu samping karena Susan Wojcicki yang waktu itu sedang hamil tidak ingin terganggu dengan aktivitas mereka. seperti yang dituturkan dalam the search – john battelle


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: