Apakah Situs Anda Masih Membutuhan Animasi ??

10Oct06

Halaman beranimasi adalah halaman yang dilihat pengunjung sebelum mereka masuk ke dalam website sebenarnya, biasanya dibuat dengan flash dan memperliahtkan semacam animasi perkenalan. Pengunjung harus mengklik “Skip Intro” atau “Enter Site” terlebih dahulu untuk masuk ke site yang sebenarnya. Halaman beranimasi juga kadang terdapat di antara perpindahan halaman dalam suatu situs.

1. Search engine akan membaca halaman beranimasi dan bukan isi website yang sebenarnya:
Search engine melihat teks pada sebuah halaman web untuk menentukan apa isi web tersebut. Jika semua halaman anda terbuat dari flash atau multimedia lainnya, maka ada kemungkinan search engine tidak dapat membaca teks apapun dari halaman beranimasi anda. Jika anda melakukan pencarian di Google dengan mengetik “Click to Enter” atau “Skip Intro”, maka akan muncul banyak sekali nama-nama situs yang mengalami hal ini karena mereka tidak memiliki teks yang dapat mendeskripsikan situs mereka sebagai akibat dari penggunaan halaman beranimasi.
Client: “Kalau begitu masukkan teks ke dalam meta keywords tag”. Search engine sudah tidak lagi memperdulikan meta keywords tag, sekarang semuanya tergantung dari isi web. Client: “Kalau begitu sisipkan keyword ke dalam halamannya”. Mesin pencari dapat emngetahuinya dana anda akan dibanned karenanya. Webmaster Google menulis:
Make pages for users, not for search engines. Don’t deceive your users or present different content to search engines than you display to users, which is commonly referred to as “cloaking.”

2. Search Engine tidak dapat membaca halaman lainnya setelah halaman beranimasi:
Jika halaman beranimasi anda dibuat secara total dengan flash atau plugin multimedia lainnya, maka ada kemungkinan search engine tidak dapat membaca isi web anda dan web anda tidak akan muncul di hasil pencarian.

3. Kebanyakan pengunjung mengklik “skip intro”:
Minta klien anda melakukan penelitian kecil dan bertanya kepada teman-teman mereka mengenai halaman intro beranimasi. Dapat dipastikan ada sebagian orang yang menjawab “Saya akan langsung mengklik tombol ‘skip intro’-nya” atau bahkan “Saya akan langsung membuka website lainnya”.

4. Suatu penyiksaan bagi mereka yang memiliki koneksi lambat:
Pengguna Dial-up akan merasa sangat menderita jika berhadapan dengan halaman beranimasi apalagi jika tidak tombol “skip intro”-nya.

5. “Click to Enter” sebenarnya agak aneh dan mengganggu:
Dengan mengunjungi situs anda bukankah mereka memang ingin mengunjungi situs anda? Mengapa mereka harus mengklik lagi untuk masuk ke dalam situs? Hal ini dapat mengurangi antusiasme pengunjung.

6. Halaman intro memperpanjang proses:
Jika anda ingin mempersingkat proses untuk mempermudah konsumen membeli jasa atau produk yang ditawarkan web anda, maka menggunakan halaman intro berarti berlawanan dengan prinsip dagang anda.

7. Navigasi yang Tidak Konsisten: Kebanyakan halaman intro memiliki navigasi yang berbeda dengan halaman isi website yang sebenarnya, beberapa bahkan memiliki perbedaan yang cukup drastis. Hal ini dapat membingungkan pengunjung setelah mereka selesai melihat halaman intro karena pengunjung seperti dipaksa untuk melihat dua website yang berbeda.

8. Isi dari halaman intro dapat dimasukkan ke halaman depan:
Seringkali sebenarnya halaman intro dapat disederhanakan dan dimasukkan ke dalam halaman denpan suatu situs. Ini adalah saran yang cukup efektif untuk anda bernegosiasi dengan klien karena mereka dapat mempertahankan ide apapun yang mereka coba promosikan tanpa harus memaksanya ke pengunjung. Dengan demikian isi dari halaman intro dapat disampaikan dengan navigasi yang sama. Contoh yang bagus dapat anda lihat pada website Adobe.



No Responses Yet to “Apakah Situs Anda Masih Membutuhan Animasi ??”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: