Apa yang Menghabiskan Waktu Seorang Programmer

10Oct06

Jika anda bertanya,”Apa yang paling menyita waktu para pengembang software?” Mereka akan menjawab menulis kode. Walaupun begitu, jika anda amati benar-benar kegiatan seorang pengembang software, anda akan menemukan kalau mereka menghabiskan waktu paling banyak untuk mencoba mengerti kode.

Seorang pengamat IT, Peter Hallam menjelaskan mengapa waktu yang dibutuhkan untuk memodifikasi kode 5x lebih banyak daripada menulis kode. Kode baru akan menjadi kode lama hampir dalam waktu yang sangat singkat. Menulis kode baru, pergi membeli kopi, mendadak anda sudah mendapatkan kode yang lama. Sebuah kode baru hanya merefleksikan bagian desain paling awal dari kode tersebut. Hampir semua proyek pengembangan menggunakan metodologi pengembangan iterative. Desain dan uji coba kode akan dilakukan berulang-ulang. Hanya kegiatan coding pada iterasi pertama yang memenuhi syarat sebagai kode baru.

Setelah iterasi pertama, coding akan dengan cepat bergeser menjadi lebih dan lebih termodifikasi daripada menjadi kode baru. Begitu juga, hampir semua perubahan kode dibuat pada saat perbaikan bug termasuk dalam kategori modifikasi kode. Coba anda lihat pada tim pengembangan Visual Studio, kejadian penting pada proses stabilisasi (big fixing) sama panjangnya dengan proses fitur baru. Memodifikasi kode mengkonsumsi waktu lebih banyak daripada menulis kode baru bagi seorang pengembang profesional.


Sementara itu, mengapa mengerti kode membutuhkan waktu 3x lebih banyak daripada memodifikasi kode? Sebelum memodifikasi kode, anda harus mengerti apa yang kode tersebut lakukan. Anda harus mengerti perilaku setiap kode sehingga anda dapat menjamin kalau mengubah kode tertentu tidak akan mengubah sesuatu yang tidak diinginkan. Ketika melakukan debugging, sangat sulit untuk mengerti permasalahan yang terjadi daripada memperbaikinya. Sekali anda telah memperbaiki permasalahannya, anda perlu mengerti kode baru tersebut untuk menjadi yakin kalau perbaikannya sudah valid.

Bahkan ketika anda sedang menulis kode baru, anda tidak akan memulai dari sketsa. Anda akan melihat kembali kode yang sudah ada, yaitu apakah kode yang sudah anda tulis atau yang diberikan oleh Microsoft atau sudah diberikan oleh pihak ketiga lainnya. Sebelum menggunakan kode yang sudah ada, anda harus mengerti secara detil. Ketika anda ingin menambahkan fitur baru, anda harus mengerti kode fitur yang sudah ada, jadi anda bisa menggunakannya kembali jika memang cocok. Jadi, mengerti kode adalah kegiatan yang paling menghabiskan waktu bagi seorang pengembang profesional.

Untuk artikel lengkap klik di sini.



No Responses Yet to “Apa yang Menghabiskan Waktu Seorang Programmer”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: